Selasa, 10 April 2012

Misi Dakwah Nabi Muhammad saw

1.    Keadaan Masyarakat Mekah Sebelum Islam 
        Islam lahir di Jazirah Arab. Saat itu Jazirah Arab diapit oleh dua kekaisaran, yaitu Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Bizantium. Kekaisarann Persia agama resminya Majusi, pemeluknya menyembah api  , Zend avesta  kitab sucinya.
Kekaisaran Bizantium menetapkan agama nasrani sebagai agama resmi dg kitab sucinya Injil.
Sementara masyarakat Jazirah Arab ada yang beragama Majusi dan Nasrani. Sebagaian menganut agama nenek moyang mereka , yaitu menyembah berhala. Penganut Yahudi tinggal di Kota Mandinah. Mereka adalah Suku Bani Quraizah, Bani Gatafan, Bani Nadhir, Bani Qainuqa,Bani Aus, Bani Khajraj.  Penyembah berhala banyak yang tinggal di kota Mekkah mereka menyembah batu dan pepohonan. mereka tidak mempercayai adanya hari kiamat dan kehidupan akherat. Dahulunya masyarakat Mekah beragama tauhid, yaitu agama yang dibawa Nabi Ibrahim as .
Kondisi masyarakat Jazirah Arab sebelum Islam lahir dinamakan Jaman Jahiliah atau zaman kebodohan. Kebodohan bukan dalam hal pengetahuan, tetapi tetang keyakinan dan akhlak.

2.    Dakwah pada  Masa Awal
       Pada usia 40 tahun Nabi Muhammad saw sering bertahanus di gua Hira' yang terletak 6 km sebelah timur Kota Mekkah. Tanggal 17 romadlon 611 M ,Malaikat Jibril menyampaikan wahyu pertama surah Al 'Alaq ayat 1-5.
Turunya wahyu pertama itu menandakan bahwa nabi Muhammad telah menjadi utusan Allah. Pada mulanya Nabi berdakwah dengan Sembunyi-sembunyi terbatas pada orang-orang terdekat.yang pertama menerima dakwah adalah : Khadijah ( istri Nabi ). Ali Bin Abi Thalib (anak pamannya ), Abu Bakar ( sahabatnya), Zaid bin Haritsa ( pembantunya ). selanjutnya beberapa orang yang mengikuti dakwah Nabi : Usman bin Affan , Abdurrahman bin Auf,Zubair buin Awwam, Sa'ad bin Abi Waqas, Thalhah bin Ubaidillah,Abi Ubaidah bin Jarrah dan Arqam bin Abil Arqam.  Dakwah nabi Muhammad dipusatkan dirumah  Arqam bin Abil Arqam.  Orang yang masuk Islam awal dinamakan  Assabiquunal Awwaluun.
 Dakwah dengan sembunyi-sembunyi mulai ditinggalkan setelah beliau menerima wahyu surah Al Hijr ayat 94.
Ayat tersebut menekannkan  bahwa dakwah Nabi Muhammad bertujuan menghindari dari kemusrikan dan mengajak kepada ketauhidan. Dakwah secara terbuka pertama kali dilaksanakan di bukit Shafa.  Dakwah terbuka di bukit shofa bubar setelah Abu Lahab melempari batu pada Nabi Muhammad.  Umar bin Khattab masuk islam dakwah secara terbuka makin menguat. 
3.   Bentuk dan Hambatan Dakwah
      Nabi Muhammad saw berasal dari Bani Hasyim . Pada saat itu Bani Hasyim  sangat dihormati. kakek Nabi Muhammad bernama Abdul Mutthalib adalah penjaga Ka'bah semasa hidupnya. Abu Thalib adalah pengatur  pembagian air Zamzam. Jabatan tersebut sangat terhormat.
Banyak tokoh kafir Quraisy yang membujuk Abu Thalib agar melepaskan perlindungan terhadap Nabi Muhammad saw. Diantara tokoh terebut adalah Abu Lahab, Abu Sufyan dan Utbah bin Rabi'ah. Mereka sangat bersemangat dalam menghambat dakwah Nabi Muhammad saw.
Desakan untuk menghentikan dakwah datang bertubi-tubi sempat membuat Abu Talib goyah. Banyak para pengikut Nabi Muhammad saw mengalami siksaan dari kafir Quraisy diantaranya Bilal bin Rabbah, keluarga Amr bin Yasir,Zubaer bin Awwam dan Abu Bakar. Menghadapi hambatan tersebut Nabi Muhammad saw memerintahkan beberapa sahabat  untuk hijrah  ke Ethiopia atau Habasyah.
Usaha untuk menghentikan Dakwah Nabi Muhammad dilakukan dengan pemboikotan selama 3 tahun . bentuk pemboikotan antara lain :
a.   Tidak mau berbicara dengan orang Islam.
b.   Tidak mau jual beli dengan orang Islam.
c.   Tidak mau menikah dengan orang Islam.
Pemboikotan itu berhenti setelah papan pengumuman pemboikotan yang dipasng didinding Ka'bah hancur dimakan rayap.

4.   Misi Dakwah Nabi Muhammad saw.
      Pemicu kebencian orang-orang kafir terhadap dakwah Nabi Muhammad adalah pada misi dakwahnya. Dakwah Islam saat itu berisi seruan kembali kepada ajaran Tauhid ,beribadah hanya pada Allah swt, dan beriman  kepada hari Akhir. hal itu berarti menghapus adanya kesenjangan sosial dan kesombongan antar suku.



       

5 komentar:

Eka Aisyah mengatakan...

Makasih ,,, Artikel ini ngebantu banget untuk ngerjain PR ^_^ skali lagi makasih banyak ^_^ =D

Anonim mengatakan...

that's good. thanks.

mrs. mengatakan...

Good job my student. Proud of you

Anonim mengatakan...

makasih kakk umayan bahan buat ujian sekolah PAI

Anonim mengatakan...

thanks,, sangat membantu

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Muhtar Khumaidi - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz | Supported by Ziezhua